Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju - Berbicara mengenai goreng-gorengan, sepertinya tiada habisnya ya. Salah satunya adalah pisang goreng, jajanan yang satu ini memang memiliki banyak variasi. Dari satu bahan, kita bisa membuat aneka cemilan yang berbeda. Seperti pisang goreng crispy yang memiliki tekstur luar yang keriuk dan dalaman yang empuk.

Pisang goreng crispy sebetulnya memilik banyak resep dan variasi, yang kesemuanya memiliki bahan-bahan yang berbeda. Seperti pada resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat variasi pisang goreng crispy dengan topping coklat keju. Cara membuat pisang goreng crispy coklat keju kita kali ini relatif mudah dan cukup praktis.
Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju, Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
Untuk mendapatkan tekstur kulit pisang goreng yang keriuk, kita akan menggunakan tepung roti kasar atau tepung panir. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan cukup praktis, sehingga kita bisa membuatnya di sela-sela kesibukan sehari-hari. Kita akan membuat pisang crispy yang siap goreng, yang bisa digoreng langsung atau digoreng kapan saja sewaktu-waktu.

Pembuatannya cukup sederhana dan praktis. Pisang yang sudah dikupas kita celupkan kedalam adonan pencelup. Kemudian kita gulingkan kedalam tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya terselimuti. Jadi, adonan pencelup ini fungsinya sebagai media perekat antara pisang dan tepung roti.

Sampai pada langkah ini, pisang crispy sudah siap goreng. Kita bisa menyimpannya di lemari es untuk digoreng sewaktu-waktu atau bisa juga digoreng langsung. Namun, dengan disimpan dulu di lemari es, pisang crispy malah lebih bagus dan tepung roti bisa menempel lebih kuat dan tidak cepat rontok.

Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju Spesial

Pisang yang kita butuhkan untuk membuat pisang goreng crispy tidak terbatas pada satu jenis pisang saja. Kita bisa menggunakan pisang uli, pisang raja, pisang kepok, pisang nangka dan jenis pisang lainnya yang memiliki tekstur cukup padat dan tidak lembek saat digoreng. Pilihlah pisang yang belum terlalu matang agar hasilnya cukup garing, karena kalau pisang sudah terlanjur matang maka hasilnya bisa lembek, kurang bagus.

Berikut bahan-bahan yang kite perlukan untuk membuat pisang goreng crispy. Beserta step-by-step proses pembuatannya secara detail.

Bahan Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

  1. 1 sisir pisang uli, bisa juga pisang kepok/pisang raja atau lainnya sesuai selera
  2. 250 gr tepung roti kasar
  3. minyak banyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup

  1. 4 sdm tepung terigu
  2. 2 sdm tepung tapioka
  3. 2 btr telur
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. air secukupnya

Bahan Topping

  1. coklat meses secukupnya
  2. keju cheddar parut secukupnya
  3. susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

  1. Kupas pisang, potong sesuai selera. Jika menggunakan pisang yang berukuran besar, pisang bisa dibelah 4 agar lebih cepat matang. Jika suka, pisang bisa dibelah dan dibentuk menyerupai kipas agar bentuknya lebih indah. Jika pisang sudah siap, sisihkan dulu sementara.
  2. Persiapkan adonan pencelup. Kocok telur ayam hingga agak berbuih, kemudian masukkan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, garam dan vanili bubuk. Aduk rata sambil ditambahkan air secukupnya untuk menyesuaikan tektur adonan. Tekstur adonan jangan terlalu encer, agar adonan bisa menempel pada pisang dan tidak meleleh kembali.
  3. Celupkan pisang pada adonan pencelup hingga seluruh permukaannya terselimuti. Kemudian gulingkan pisang pada tepung roti hingga menempel di seluruh permukaannya. Lakukan langkah yang sama pada sisa pisang yang ada.
  4. Sampai disini sebenarnya pisang bisa digoreng langsung, namun agar hasilnya maksimal lebih baik pisang disimpan dulu di lemari es selama minimal 1 jam. Dengan begitu, tepung roti bisa menempel cukup kuat dan tidak terlalu rontok saat digoreng.
  5. Setelah siap, goreng pisang crispy seperti biasa hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Sajikan pisang hangat-hangat dengan topping keju cheddar parut, coklat meses dan siram dengan susu kental manis coklat.
Cara membuat pisang goreng crispy coklat keju kali ini merupakan cara yang paling praktis. Dan pada dasarnya, kita cuma membutuhkan 3 jenis bahan yaitu bahan utama berupa pisang, bahan pencelup berupa adonan dan bahan pelapis berupa tepung roti.

Sedikit tips untuk mendapatkan hasil yang crispy, goreng lah pisang dengan cara deep fry atau menggunakan minyak banyak. Dengan cara ini, pisang bisa matang merata luar dalam dan hasilnya lebih renyah.

Tertarik mecoba resep pisang goreng crispy coklat keju ini di rumah? Selamat mencoba dan tolong bantu share ya kawan!
loading...
Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
4/ 5
Oleh