Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Cara Membuat Rawon Daging Sapi - Masakan khas Jawa Timur yang dikenal dengan julukan sup kuah hitam ini memiliki cita rasa yang kuat serta menggugah selera. Kuah hitamnya berasal dari pucung atau sering disebut juga dengan nama keluwek/keluwak yang merupakan bumbu masakan yang terkadang dibuat sambal.

Rasanya sangat unik dan bagi yang pertama kali mencicipi mungkin terasa aneh ya. Namun inilah sebuah keunikan resep rawon daging sapi khas Jawa Timur yang melegenda, rasanya memang tiada duanya.
Resep Rawon Daging Sapi, Cara Membuat Rawon Daging Sapi
Cara Membuat Rawon Daging Sapi
Resep rawon daging sapi yang memiliki cita rasa lezat ini sebenarnya cukup mudah untuk dibuat dengan beberapa langkah yang tidak terlalu rumit. Cara membuat rawon daging tidak memerlukan keahlian memasak tingkat tinggi namun memang memerlukan ketelatenan agar didapat rasa yang sesuai selera.

Pada proses memasaknya, daging direbus terlebih dahulu bersama lengkuas, serai dan saun salam hingga membentuk kuah kaldu sehingga daging menjadi matang dan empuk. Baru setelah itu bumbu-bumbu dimasak dan dicampurkan kedalam daging. Atau bisa juga daging dan seluruh kuahnya yang dimasukkan kedalam tumisan bumbu sehingga seluruh bumbu dapat larut dengan sempurna.

Resep Rawon Daging Sapi Spesial Khas Jawa Timur

Bahan utama untuk membuat rawon daging tentunya adalah daging sapi, pilihlah daging yang masih segar dan mengandung sedikit lemak sehingga lebih sehat. Bahan lainnya yang tak kalah penting adalah keluwak.

Bahan ini biasa ditemui di pasar-pasar tradisional dalam bentuk biji seukuran gemggaman tangan anak-anak atau terkadang juga dijual dalam bentuk siap pakai yang sudah direbus dan dikeluarkan dari batoknya. Berikut bahan-bahan lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Rawon Daging Sapi

  1. 500 gr daging sapi, iris pendek dan tipis-tipis
  2. 25 gram toge, kira-kira segenggam
  3. 2 btg serai, memarkan
  4. 4 cm lengkuas, memarkan
  5. 2 btg daun bawang, iris pendek
  6. 3 lbr daun salam
  7. 5 lbr daun jeruk purut
  8. 2 sdt gula pasir
  9. bawang goreng untuk taburan
  10. garam secukupnya
  11. minyak untuk menumis
  12. air secukupnya, sesuai kuah yang diinginkan

Bumbu Halus

  1. 4 bh pucung/keluwak tua, rebus dan ambil isinya
  2. 4 btr kemiri
  3. 6 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 4 bh cabe merah keriting
  6. 3 cm jahe
  7. 3 cm kunyit
  8. 2 sdt ketumbar
  9. 1 sdt asam jawa

Bahan Sambal

  1. 4 siung bawang merah, goreng
  2. 6 bh cabe rawit merah, goreng
  3. 1 sdt terasi, goreng
  4. garam secukupnya
  5. gula secukupnya
  6. Ulek semua bahan sambal menjadi satu

Cara Membuat Rawon Daging Sapi Spesial

  1. Rebus daging bersama dengan lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk purut hingga matang dan membentuk kuah kaldu. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tuang daging yang sudah direbus beserta seluruh kuah kaldu dan bumbu-bumbu pelengkapnya.
  3. Beri garam dan gula secukupnya, cicipi agar sesuai dengan selera.
  4. Masak hingga mendidih dan matang sambil diaduk-aduk.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan rawon hangat-hangat beserta toge, daun bawang, taburan bawang goreng dan sambal pelengkapnya.
Resep rawon daging sapi sebetulnya cukup sederhana kecuali keluwak yang mungkin tidak dijumpai di setiap daerah. Cara membuat rawon daging sapi juga sebenarnya sangat simpel.

Secara umum ada 3 langkah utama yaitu merebus daging hingga matang, menyiapkan bumbunya, menyatukan daging bersama bumbu dan memasaknya hingga matang. Proses yang paling lama adalah saat merebus daging sehingga didapatkan daging yang empuk dan matang sempurna. Selamat mencoba...!

Coba yang ini juga ya!

Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Spesial
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Spesial
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Komplit Spesial
Bumbu Tongseng Kambing Praktis Beserta Cara Membuatnya
Resep Nasi Kebuli Kambing Praktis Menggunakan Rice Cooker
loading...
Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur
4/ 5
Oleh