Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri Spesial

Resep Nugget Ikan Tenggiri - Nugget memang merupakan salah satu makanan olahan yang banyak digemari karena rasanya yang enak serta mudah untuk dibuat, tinggal goreng saja. Makanan ini juga kaya akan gizi serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bagi kalian yang ingin tahu cara membuat nugget ikan tenggiri di rumah, simak selengkapnya disini ya!
Resep Nugget Ikan Tenggiri, Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri
sumber : bajuanakmama.com
Agar nugget yang kita konsumsi lebih terjamin kebersihannya, sehat dan higienis, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini kita akan mencoba resep membuat nugget ikan dengan bahan dasar ikan tenggiri. Cara membuat nugget ikan tenggiri sama mudahnya dengan membuat nugget tahu yang sudah kita bahas sebelumnya.

Untuk mendapatkan tekstur nugget yang bagus, sebaiknya kita menumbuk daging ikan secara manual. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan blender dengan cara memblendernya sebentar-sebentar, namun hasilnya tetap lebih bagus dengan cara ditumbuk secara manual.

Resep Nugget Ikan Tenggiri Spesial

Mengapa menggunakan ikan tenggiri, karena daging ikan ini rasanya lebih enak dibandingkan dengan daging ikan lainnya. Karena daging ikan tenggiri berwarna putih, maka bagus untuk dijadikan olahan yang dipadukan bersama dengan tepung sagu layaknya siomay. Berikut bahan-bahan yang kita persiapkan untuk membuat nugget ikan tenggiri.

Bahan Resep Nugget Ikan Tenggiri

  1. 500 gr ikan tenggiri, fillet
  2. 50 gr tepung sagu
  3. 200 ml susu cair
  4. 100 gr tepung roti
  5. 2 btr telur, kocok lepas
  6. 4 cm jahe, haluskan
  7. 4 siung bawang putih, haluskan
  8. 1/2 sdt lada bubuk
  9. 1/4 sdt pala bubuk
  10. 1 sdt garam
  11. 1/2 sdt penyedap rasa (optional)

Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri

  1. Tumbuk daging ikan hingga lembut menggunakan lumpang, kalian juga bisa menggunakan blender dengan cara memblendernya sebentar-sebentar, asal tercacah saja. Namun hasilnya lebih bagus jika menggunakan tumbukan secara manual karena memiliki tekstur yang lebih baik.
  2. Tambahkan bawang putih dan jahe yang telah dihaluskan, separuh bagian telur kocok (sisanya buat nanti sebagai bahan pencelup), garam, penyedap rasa (jika suka), pala bubuk, lada bubuk dan susu cair. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu dan separuh bagian tepung roti, aduk rata semua bahan menggunakan tangan hingga benar-benar tercampur merata.
  4. Kukus adonan selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan adonan mengeras. Setelah matang angkat, dinginkan.
  5. Potong-potong adonan nugget sesuai selera.
  6. Celupkan potongan nugget kedalam kocokan telur, gulingkan kedalam tepung roti. Lakukan pada semua sisa adonan.
  7. Masukkan nugget kedalam freezer selama kurang lebih 15 menit.
  8. Goreng nugget hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  9. Sajikan selagi hangat bersama dengan saus tomat atau saus sambal.
Bagaimana, cara membuat nugget ikan tenggiri ini cukup mudah kan? Resep nugget ikan tenggiri ini bisa kita aplikasikan pada bahan baku lainnya seperti daging ayam. Untuk eksperimen selanjutnya, kita akan mencoba membuat nugget ayam dengan cara mudah dan praktis. Semoga bermanfaat ya!
loading...
Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri Spesial
4/ 5
Oleh