Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah Aneka Rasa

Cara Membuat Jamur Crispy Renyah - Kudapan yang bertekstur crispy memang sedang naik daun terutama di negara kita. Hal tersebut berlaku juga untuk makanan ringan berbahan dasar jamur tiram yang lazim disebut sebagai jamur crispy.

Makanan yang satu ini banyak digemari terutama oleh kalangan anak-anak muda dan kaum remaja. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah membuat jamur crispy cocok untuk dijadikan teman bersantai.
Resep Membuat Jamur Crispy, Cara Membuat Jamur Crispy
Resep Jamur Crispy Renyah
Pada dasarnya, bahan tepung dan resep jamur crispy renyah hampir sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat makanan crispy lainnya seperti fried chicken. Cara membuat jamur crispy renyah sama halnya dengan cara membuat fried chicken, hanya beda bahan dasarnya saja. Sementara untuk bahan pelapis luarnya, kita bisa menggunakan resep yang sama.

Jamur crispy digoreng dengan cara deep fry, hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang renyah dan matang sempurna luar dalam. Minyak yang digunakan untuk menggoreng sebaiknya menggunakan minyak goreng kemasan agar hasilnya lebih gurih dan lebih garing.

Lebih bagus lagi jika menggunakan shortening ataupun minyak goreng padat, dengan bahan ini hasil akhirnya lebih garing lagi tanpa menyisakan tetesan / endapan minyak.

Resep Jamur Crispy Renyah Spesial Aneka Rasa

Guna menambah rasa dan memberikan variasai yang beragam biasanya jamur crispy disajikan dengan tambahan bumbu-bumbu pelengkap. Bumbu ini biasanya berbentuk bubuk (bumbu tabur) yang memiliki aneka rasa seperti balado, jagung bakar, ayam bakar, keju asin, keju manis dan masih banyak lagi. Penambahan bumbu dilakukan di akhir proses sehingga lebih praktis dan bumbu lebih terasa.

Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat jamur crispy aneka rasa.

Bahan Resep Jamur Crispy Renyah

  1. 250 gram jamur tiram
  2. Bumbu tabur aneka rasa
  3. Minyak goreng yang banyak

Bumbu Celupan

  1. 50 gr terigu
  2. 2 siung bawang putih, haluskan
  3. 2 sdt garam
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  7. 250 ml air es

Bahan Pelapis

  1. 250 gr terigu protein sedang
  2. 25 gr tepung beras
  3. 25 gr tepung maizena
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  6. 1/2 sdt merica bubuk
  7. 1 sdt garam

Cara Membuat Jamur Crispy Renyah Spesial

  1. Jamur tiram dicuci bersih, suwir-suwir. Peras dan tiriskan.
  2. Satukan semua bumbu celupan, aduk rata dan sisihkan.
  3. Pada wadah yang lain, satukan semua bahan pelapis, aduk rata dan sisihkan.
  4. Masukkan jamur yang sudah disuwir kedalam bahan celupan, angkat sambil digoyang-goyang.
  5. Masukkan kedalam bahan pelapis, remas hingga tepung menempel dan menyelimuti jamur.
  6. Masukkan lagi kedalam bahan celupan, tiriskan.
  7. Masukkan lagi kedalam bahan pelapis, remas biar tepung menempel. Lakukan pada semua sisa jamur, proses ini memerlukan dua kali langkah untuk mendapatkan lapisan tepung yang agak tebal. Namun jika suka dengan tepung crispy tipis-tipis maka cukup lakukan satu kali pencelupan dan satu kali pelapisan tepung saja.
  8. Panaskan minyak yang agak banyak, goreng jamur dengan teknik deep fry untuk mendapatkan hasil terbaik. Goreng hingga matang dengan warna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Sampai disini jamur sudah bisa dinikmati. Jika menginginkan rasa yang lebih mantap, tambahkan bumbu tabur. Masukkan jamur crispy kedalam toples beserta bumbu tabur, kocok-kocok hingga bumbu menempel.
  10. Nikmati selagi hangat.
Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Resep jamur crispy renyah ini cukup mudah dan praktis untuk dipraktekkan. Jika tak mau ribet, ganti saja bumbu pelapis dengan tepung bumbu serba guna siap pakai. Sedangkan untuk bumbu celupan, bisa diganti dengan kocokan telur. Dengan begitu, cara membuat jamur crispy renyah menjadi lebih praktis dan lebih singkat. Semoga bermanfaat ya!
loading...
Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah Aneka Rasa
4/ 5
Oleh