Resep dan Cara Membuat Fuyunghai Telur Sederhana

Resep Fuyunghai Telur Sederhana - Fuyunghai atau Fu Yung Hai adalah kudapan yang berasal dari negeri Tiongkok. Di negara kita, pada mulanya makanan yang satu ini diperkenalkan oleh warga keturunan Tionghoa dan merupakan makanan tradisionalnya.

Namun saat ini fuyunghai dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dan merupakan salah salah satu koleksi kekayaan khasanah kuliner nusantara. Cara membuat fuyunghai telur sederhana pun cukup mudah, seperti yang berikut ini!
Resep Fuyunghai Telur Sederhana, Cara Membuat Fuyunghai Telur Sederhana
Resep Fuyunghai Telur Sederhana
Pada dasarnya resep fuyunghai telur sederhana ini terbuat dari bahan dasar berupa telur dan daging ayam yang memiliki bentuk mirip seperti telur dadar dan omelet. Cara membuat fuyunghai telur sederhana ini hampir sama dengan resep membuat omelet hanya saja memiliki beberapa bahan dasar yang berbeda. Tekstur yang didapat hampir persis seperti telur dadar dan sedikit lebih tebal, dipadu dengan saus yang menggugah selera.

Biasanya, fuyunghai disajikan bersama dengan saus yang dibuat secara khusus. Saus ini terdiri dari bahan-bahan seperti bawang bombay, bawang putih, tomat hingga kacang polong. Untuk rasanya, saus fuyunghai memiliki cita rasa asam manis dan sedikit pedas. Tergantung selera masing-masing.

Resep Fuyunghai Telur Sederhana

Kali ini, yang akan kita coba untuk membuatnya adalah fuyunghai ayam. Bahan-bahan yang digunakan masih sama seperti membuat fuyunghai biasa namun dengan tambahan daging ayam cincang sebagai bahan utamanya.

Dengan menggunakan bahan ayam, tentunya fuyunghai yang kita buat menjadi lebih enak dan lebih bertekstur. Berikut bahan-bahan yang kita persiapkan sebelum membuat fuyunghai.

Bahan Resep Fuyunghai Telur Sederhana

  1. 100 gr daging ayam cincang
  2. 4 btr telur ayam
  3. 2 btg wortel, iris membentuk batang korek api
  4. 2 btg daun bawang, iris halus
  5. 2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 1/2 sdt lada bubuk
  9. 2 sdm kecap inggris
  10. minyak goreng secukupnya

Bahan Saus

  1. 1/2 btr bawang bombay, iris halus
  2. 3 siung bawang merah, iris tipis
  3. 1 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  4. 2 bh cabe, buang biji dan iris kasar
  5. 1 bh tomat, potong dadu
  6. 2 sdm saus tomat
  7. 2 sdm kecap manis
  8. 2 sdm kecap inggris
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1 sdt garam
  11. 1 sdt gula pasir
  12. 2 sdm tepung maizena, larutkan dalam 1/2 gelas air
  13. 1 gelas kaldu ayam cair
  14. kacang polong secukupnya
  15. minyak untuk menumis

Cara Membuat Fuyunghai Telur Sederhana

  1. Sebagai langkah pertama kita akan mempersiapkan sausnya. Tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum.
  2. Masukkan tomat, kacang polong, saus tomat, kecap manis, kecap inggris, lada bubuk, garam dan gula pasir. Aduk rata dan masak sebentar.
  3. Tuangkan kaldu ayam cair dan masak lagi sebentar sambil diaduk-aduk.
  4. Terakhir masukkan larutan tepung maizena dan masak hingga saus mengental, angkat dan sisihkan.
  5. Saatnya membuat telur fuyunghai. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang dan masak sambil diaduk-aduk hingga ayam berubah warna.
  6. Masukkan wortel dan daun bawang, masak hingga wortel agak layu. Angkat dan biarkan agak dingin.
  7. Kocok lepas telur bersama dengan garam, gula pasir dan lada bubuk hingga agak berbuih.
  8. Masukkan tumisan ayam dan wortel yang tadi kita buat, tambahkan kecap inggris. Aduk rata.
  9. Pansakan wajan anti lengket dan beri minyak goreng secukupnya seperti pada saat membuat telur dadar.
  10. Tuang adonan telur kedalam wajan, jika wajan yang digunakan memiliki ukuran agak lebar maka jumlah adonan ini akan pas untuk sekali menggoreng.
  11. Goreng telur fuyunghai hingga matang pada bagian bawah, setelah itu balikkan untuk mematangkan bagian atasnya. Hati-hati saat membalik agar telur fuyunghai tidak robek sehingga nanti hasilnya cantik.
  12. Angkat telur fuyunghai dan sajikan bersama dengan sausnya. Nikmati selagi hangat.
Cara membuat fuyunghai telur sederhana ini cukup mudah untuk dipraktekkan. Kunci utama keberhasilan dari resep fuyunghai telur sederhana ini adalah pada saat membuat adonan telur dan pada saat menggorengnya.

Kocoklah telur hingga benar-benar merata dengan ditandai munculnya buih, dengan begitu maka kuning dan putih telur akan menyatu dan tercampur sehingga teksturnya bagus. Pada saat menggoreng, biarkan salah satu permukaan agar matang betul baru kemudian dibalik untuk mematangkan sisi atasnya. Semoga bermanfaat ya.
loading...
Resep dan Cara Membuat Fuyunghai Telur Sederhana
4/ 5
Oleh