Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung Spesial yang Enak

Resep Batagor Bandung Spesial - Batagor adalah salah satu jajanan rakyat khas kota Bandung yang cukup populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau.

Jajanan ini biasanya gampang didapati di pemukiman-pemukiman penduduk atau pusat-pusat keramaian seperti tempat wisata di kota Bandung dan sekitarnya. Terkadang, makanan yang satu ini dijual merangkap dengan siomay Bandung.
Resep Batagor Bandung Spesial, Cara Membuat Batagor Bandung yang Enak
Resep Batagor Bandung Spesial
Cara membuat batagor Bandung yang enak sebenarnya cukup simpel dan bahan-bahannya tidak jauh berbeda dengan siomay Bandung. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung sagu yang dicampur dengan tepung terigu.

Sebagai penambah rasa, batagor biasanya menggunakan daging ikan tenggiri yang digiling terlebih dahulu. Namun terkadang untuk menekan harga jual, batagor dibuat hanya dengan campuran tepung dan bumbu-bumbu dengan campuran daging ikan yang sekedarnya.

Proses pembuatan batagor juga relatif mudah, daging ikan yang telah dihaluskan dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung dan aneka bumbu. Baru setelah itu dibuat adonan sehingga menyerupai adonan bakso atau adonan siomay.

Karena campuran ini menggunakan tepung terigu, maka proses menguleninya jangan terlalu kuat sebab jika hasilnya terlalu kalis maka batagornya akan sedikit alot. Untuk itu, uleni pelan-pelan asal adonan tercampur dan tidak lengket di tangan.

Resep Batagor Bandung Spesial Super Lezat

Bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk membuat batagor antara lain adalah tepung, bumbu-bumbu dan filler seperti daging ikan atau ayam. Disini kita menggunakan dua macam tepung agar hasilnya lebih empuk dan gurih.

Batagor disajikan dengan bumbu saus kacang yang memiliki cita rasa manis pedas gurih. Untuk menambah cita rasa, biasanya ditambahkan sedikit air asam jawa sehingga rasanya semakin mantap. Berikut bahan lengkapnya beserta cara pembuatan secara lengkap.

Bahan Resep Batagor Bandung Spesial

  1. 100 gr tepung sagu
  2. 100 gr tepung terigu
  3. 100 gr daging ikan tenggiri
  4. 1 btr telur ayam
  5. 5 bh tahu putih kotak, potong 2 menjadi bentuk segi tiga
  6. 10 lbr kulit pangsit goreng
  7. 2 btg daun bawang, iris halus
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. 1/4 sdt lada bubuk
  11. air secukupnya

Bumbu Halus Batagor

  1. 3 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sdt ebi kering

Bahan Saus / Bumbu Kacang

  1. 100 gr kacang tanah goreng, haluskan
  2. 1 sdm air asam jawa
  3. 1 sdt garam
  4. 2 sdm gula jawa, sisir halus
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. air secukupnya

Bumbu Halus Saus Kacang

  1. 4 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 bh cabe merah keriting

Cara Membuat Batagor Bandung yang Enak

  1. Menyiapkan saus / bumbu kacang. Tumis bumbu halus untuk saus kacang hingga harum.
  2. Masukkan bahan-bahan saus seperti kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, air asam jawa, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Tuangkan air secukupnya, tidak usah terlalu banyak, kurang lebih setengah gelas.
  4. Masukkan gula jawa, aduk rata hingga gula larut.
  5. Masak hingga air menyusut dan saus meletup-letup. Angkat dan sisihkan. Membuat saus / bumbu kacang sudah selesai, lanjut membuat batagornya.
  6. Campurkan tepung sagu dengan tepung terigu. Aduk rata dan sisihkan.
  7. Tumbuk daging ikan tenggiri hingga halus dan lembut. Bisa juga diblender tapi jangan terlalu halus.
  8. Masukkan daging ikan kedalam campuran tepung bersama dengan bahan lainnya seperti telur, daun bawang, garam, kaldu bubuk, lada bubuk juga bumbu halus. Beri sedikit air, kurang lebih 1/2 gelas.
  9. Aduk rata semua bahan hingga membentuk adonan sambil diuleni pelan-pelan hingga kalis. Pada proses ini perhatikan tekstur adonan, jika terlalu keras / kaku maka tambahkan air secukupnya sehingga adonan bisa dibentuk dan diambil dengan sendok. Perhatikan pula saat menguleni, jangan uleni terlalu kuat karena nanti hasilnya bisa alot.
  10. Ambil tahu dan lubangi pinggirannya menggunakan pisau. Ambil satu sendok adonan dan masukkan kedalam lubang yang dibuat pada pinggiran tahu seperti membuat tahu isi. Lakukan langkah yang sama pada semua sisa tahu.
  11. Sekarang giliran kulit pangsit. Ambil satu sendok adonan batagor dan letakkan ditengah kulit pangsit. Kuncupkan kulit pangsit dan kerutkan pinggirannya sehingga menutupi adonan. Lakukan juga langkah ini terhadap semua kulit pangsit.
  12. Jika adonan masih tersisa, cukup bentuk bulatan-bulatan seperti bakso.
  13. Goreng tahu dan kulit pangsit yang sudah diisi adonan batagor serta adonan yang dibentuk bola-bola hingga matang. Goreng dengan cara deep fry hingga agak kering. Angkat dan tiriskan agar minyaknya berkurang.
  14. Untuk menyajikannya, potong-potong batagor dan siram dengan saus / bumbu kacang.
  15. Nikmati selagi hangat.
Secara garis besar, cara membuat batagor Bandung yang enak adalah membuat adonan dengan komposisi yang tepat, membentuknya atau memasukkannya kedalam tahu dan kulit pangsit kemudian menggorengnya. Sesudah itu tinggal sajikan bersama dengan saus bumbu kacang.

Resep batagor Bandung spesial ini juga bisa divariasikan, jika kalian tidak suka ikan tenggiri atau susah mendapatkannya maka tinggal di skip aja. Batagor tanpa ikan tenggiri juga cukup lezat dan rasanya tetap gurih. Selamat mencoba...!
loading...
Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung Spesial yang Enak
4/ 5
Oleh